Sunday, April 13, 2014

Sering Bersin dan Pilek Tiap Pagi Hari

Kenapa Sering Bersin dan Pilek Tiap Pagi Hari

Seorang pasien bertanya pada seorang Dokter:

"Kenapa saya sering bersin-bersin dan pilek di pagi hari? Beberapa bulan ini, hampir setiap pagi saya sering sekali bersin-bersin dan hidung meler mengeluarkan banyak ingus, seperti orang yang sedang pilek. Bersin-bersin sering terjadi hingga berkali-kali bahkan bisa hingga belasan kali dalam setia serinya. Namun sering kali ketika hari semakin siang dan saya mulai beraktivitas, lama-lama bersin-bersin jadi berhenti. Apa sebenarnya yang terjadi pada saya Dok?"

Jawaban seorang Dokter:

"Ketika seseorang mengalami bersin-bersin dan pilek di pagi hari, bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor lingkungan atau juga dipengaruhi oleh faktor alergi. Misalnya jika di sekitar Anda banyak sekali debu, otomatis hampir setiap orang akan mengalami bersin jika debu tersebut masuk ke hidung.

Namun jika bersin-bersin-nya bukan karena debu dan disekitar Anda sangat bersih, maka kemungkinan lainnya yaitu Anda mengalami gejala alergi. Sering kali seseorang tidak sadar dengan penyebab alerginya.

Hal yang paling umum terjadi pada orang-orang yang sering bersin-bersin dan pilek di pagi hari biasanya merupakan gejala vasomotor rhinitis, yang mana sering kali disebabkan oleh perubahan suhu/temperatur atau karena suhu yang dingin (alergi dingin).

Suhu pagi hari sangatlah dingin jika dibandingkan dengan malam hari, sehingga penderita vasomotor rhinitis akan mudah bersin-bersin jika terkana suhu dingin (udara dingin, air, AC, dan sebagainya).

Penyebab pasti seseorang menjadi sangat sensitif terhadap suhu dingin ini masih sulit untuk diketahui, banyak ahli kesehatan percaya bahwa faktor genetika sangat berperan dalam menimbulkan terjadinya vasomotor rhinitis.

Meskipun bersin-bersin ini tidak terlalu berbahaya, namun kondisi tersebut sangat menyusahkan dan membuat penderitanya sengsara, misalnya bisa menyebabkan bolos kerja/sekolah, kehilangan konsentrasi, tidak produktif, letih, dan sebagainya.

Gejala lainnya selain bersin-bersin biasanya yaitu, hidung mampet dan gatal, mata sedikit perih, mata merah berair dan pernafasan terganggu oleh lendir serta post nasal drip.

Penyakit alergi tidak bisa disembuhkan hingga 100%, namun bisa ditekan gejalanya. Pengobatan yang biasa digunakan untuk membantu meredakan gejala bersin-bersin akibat rhinitis yaitu obat-obatan antihistamin dan obat semprot hidung (nasal spray) yang bisa menguatkan jaringan sel dan membantu menghentikan pelepasan histamin."

Selain dengan obat-obatan, saya juga pernah mendapatkan informasi bahwa vasomotor rhinitis bisa diobati secara alami dengan melakukan beberapa treatament sederhana serta mengkonsumsi beberapa bahan alami yang terbukti bisa mengatasi gejala bersin-bersin akibat rhinitis. Untuk informasi lebih detail mengenai cara mengatasi bersin-bersin dan pilek di pagi hari coba Anda kunjungi situs ini  www.mengatasibersin.com

26 comments:

  1. Bersin dan pilek di pagi hari udah jadi kebiasaan saya sehari-hari, pengen sembuh.. T_T

    ReplyDelete
  2. Kenapa ya aku juga sering bersin-bersin kalo pagi hari, terutama setelah bangun tidur atau kalo udah terkena air, padahal kalo udah sore bersin-bersin suka berhenti.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas informasinya, semoga saya bisa sembuh dan belum terlambat.

    ReplyDelete
  4. saya nih kayaknya ngalamin ini beberapa bulan terakhir... ga enak banget... :(

    ReplyDelete
  5. Terima kasih sudah sharing, caranya sangat baik.. semoga manjur caranya.. :) Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete
  6. kenapa setiap saat saya baru bangun tidur pagi hari, saya gx bisa ngmbil menghirup udara melalui hidung,kalau dari hidung pasti bersin...dan kalau bersin saya menekan mata biar berin nya berhenti..tolong penjlesan nya ya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan anda menderita penyakit Rinitis Vasomotor.

      Delete
  7. kenapa setiap saat saya baru bangun tidur pagi hari, saya gx bisa ngmbil menghirup udara melalui hidung,kalau dari hidung pasti bersin...dan kalau bersin saya menekan mata biar berin nya berhenti..tolong penjlesan nya ya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar anda menderita Rinitis Vasomotor dan kadar gula darah tidak normal.

      Delete
  8. kenapa ya hidung saia terasa sakit dan gatal...stiap pagi siang sore atopun mlm uga sering bersin...hidung uga mampet...smpe gk bsa nafas....mohon penjelasan ny...trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sampai tidak bisa nafas mungkin penyakit anda juga disertai penyakit Asma.

      Delete
  9. Saya juga setiap pagi pasti selalu bersin" dan pilek, juga hidung meler terus saya takut nya itu penyakit yang berbahaya, karna hampir setiap hari saya seperti itu..

    ReplyDelete
  10. Aku juga tiap pagi pilek, hidung mampet, bersin terus, kluar lendir yg berlebihan dari hidung, tapi klo dh siang gpp, tapi klo sekali bersin pasti lanjut terus,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang persis seperti itu gejalanya.

      Delete
  11. Benar sekali, hal tersebut karena dingin atau cuaca.. lebih tepatnya udara.

    ReplyDelete
  12. Assalamu Alaikum, aku jga gitu tiap pagi pasti hidung berair sam bersin bersin cuman aki gak sampe batuk, mata merah dan punya lendir, cuman itu aja, bersin dan hidung berair, dan terjadi cuma setiap pagi, klo matahari udah naik perlahan bersinnya udah ilang, apa itu jga gejala Rinitis Vosomotor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam.
      Ya, benar, itu gejala Rinitis Vasomotor.

      Delete
  13. Saya juga mengalami gejala ini.ya allah sembuh kan hamba. Aammiin

    ReplyDelete
  14. Cocok sepertinya.
    Bersin-bersin, terus mata memerah, kadang bawah mata suka bengkak gitu. Badan berasa lemes, pengennya istirahat deh. Jadi gak produktif

    ReplyDelete
  15. Kenapa ya saya bersin bersin hidung mampet dan mata perih berair tapi terjadi hanya malam dan sangat menggangu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar anda menderita rinitis vasomotor. Jika anda tidak mengerti cara mengobatinya saya sarankan anda untuk membaca e-book mengatasi bersin

      Delete
  16. Ya, saya mengalaminya juga, hampir tiap pagi-pagi suka bersin sampai belasan kali disertai hidung meler terus dan mata terasa kering dan berair. Semoga saya bisa sembuh.
    Terima kasih atas sarannya.

    ReplyDelete
  17. Saya dan ayah saya juga mengalami itu setiap pagi. Dan tiap bersin entah pagi/siang/malem, selalu berulang2 sampe 10 kali per sesi, dan berujung pilek. Sampai saya pikir saya flu, tp knapa berlanjut terus? Apa ini jg rinitis? Apa rinitis saya menurun dari ayah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Vita,
      Benar sekali, penyakit bersin-bersin yang anda alami adalah termasuk rinitis vasomotor (non-alergi). Penyakit tersebut memang bisa menurun dari orang tua (faktor keterurunan).

      Delete
  18. saya sudah bertahun2 mengalami seperti ini.. setiap bangun pagi kalo dingin saya pasti bersin berulang2 dan berujung pilek.. tapi ketika siang tiba pilek nya berhenti sendiri.. apakah ini berbahaya jika dibiarkan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, memang seperti itu gejalanya.
      Jika dibiarkan bisa bahaya karena hal tersebut merupakan gejala awal dari suatu penyakit yang lebih serius/berbahaya.

      Delete

Feel free to leave a comment below.

Recent Comments

Bersin-Bersin