Sunday, April 13, 2014

Kebiasaan Bersin di Pagi Hari

Di Indonesia ada banyak orang yang memiliki kebiasaan bersin di pagi hari (termasuk saya sendiri). Bersinnya pun tidak hanya satu atau dua kali, tetapi bisa sampai berkali-kali, belasan kali hingga puluhan kali.
Bagi sebagian orang awam, kebiasaan bersin-bersin di pagi hari sering di anggap gejala flu atau pilek biasa. Padahal bisa jadi keniasaan bersin di pagi hari merupakan gejala lain yang merupakan penyakit berbahaya.
Kebiasaan bersin di pagi hari biasanya terjadi beberapa menit setelah bangun tidur, dan disertai dengan hidung memerah, hidung meler, hidung tersumbat, hidung sedikit gatal, mata berair dan sedikit gatal. Anehnya dari gejala ini yaitu seiring berjalannya waktu menuju siang hari, bersin-bersin biasanya reda dengan sendirinya. 
Seseorang yang mempunyai kebiasaan bersin di pagi hari ini dalam dunia medis sering disebut gejala rhinitis. Rhinitis yaitu peradangan hidung dengan penyebab alergi atau kepekaan terhadap benda asing tertentu yang menjadi pemicu (alergen). 
Jika Anda selalu bersin-bersin di pagi hari, kemungkinan besar Anda menderita rhinitis vasomotor, yang mana sering kali disebabkan oleh faktor suhu dingin dingin, baik itu udara dingin di pagi hari, air dingin, perubahan suhu, perubahan cuaca yang dingin, dan sebagainya. Gejalanya memang mirip seperti ketika Anda menderita flu atau pilek, bedanya yaitu tidak disertai demam.
Seseorang yang sensitif terhadap suhu dingin di pagi hari biasanya juga akan sensitif dengan hal-hal lainnya seperti bau-bauan atau wangi-wangian yang menyengat. Sebagai contoh dulu ketika saya masih mengidap vasomotor rhinitis, entah kenapa bersin-bersin sering kali semakin parah setelah saya mencium aroma sabun mandi lifebuoy, apalagi jika sabun tersebut terkena pada hidung saya.

Penyebab alergi bersin-bersin pada seseorang memang bisa berbeda-beda, sehingga sulit sekali bagi seseorang untuk menentukan alerginya. Banyak sekali orang yang menyarankan untuk menghindari alergen agar tidak bersin-bersin.

Jika alerginya terhadap bahan atau makanan tertentu mungkin mudah untuk dihindari, tapi jika laerginya terhadap suhu dingin di pagi hari maka sulit sekali untuk dihindari karena setiap orang akan mengalami bangun tidur di pagi hari.

Timbulnya bersin-bersin adalah karena respon tubuh yang berlebihan terhadap adanya zat tertentu yang diidentifikasi sebagai zat asing oleh tubuh. Sehingga sistem kekebalan tubuh berada pada kondisi hipersensitif/sensitif berlebihan.
Bersin-bersin biasanya mulai berkurang ketika seseorang sudah makan pagi, karena dengan makan maka akan terjadi pembakaran kalori dan menyebabkan tubuh menjadi hangat. Selain itu, dengan makan pagi (sarapan) juga bertujuan agar bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Saya sendiri dulu memiliki kebiasaan selalu bersin di pagi hari, namun sekarang sudah tidak lagi setelah melakukan hal-hal yang disarankan dalam ebook Mengatasi Bersin.

Jika Anda memiliki kebiasaan suka bersin di pagi hari, jangan dibiarkan begitu saja, segeralah atasi gejala tersebut, karena menurut dokter yang pernah saya temui, dalam kasus yang parah gejala rhinitis ini bisa menyebabkan komplikasi infeksi sinus (Sinusitis) yang mana merupakan penyakit yang lebih menyakitkan.

Sekian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. Kalau di keluarga saya yang kebiasaan bersin-bersin tuh anak saya yang pertama, aneh, padahal anggota keluarga lain tidak ada yang suka bersin-bersin, cuma anaka saya aja, apalagi kalu baru bangun tidur di pagi hari.

    ReplyDelete
  2. Kebetulan saya juga memiliki kebiasaan bersin-bersin terus di pagi hari, terima kasih atas sarannya

    ReplyDelete

Feel free to leave a comment below.

Recent Comments

Bersin-Bersin